Sabtu, 24 Mei 2014

Review : CrossX andromeda A88


Oke, kali ini saya akan membahas tentang smartphone yang satu ini, yaitu CrossX andromeda A88. Sebuah hape pertama, yang bisa saya banggakan, hasil nabung sendiri dan ya tentunya ditambahin duitnya oleh orang tua. hehe

Kredit Foto by: Mas ElangDafi
Mungkin bagi orang awam, seperti saya dulu, berpikiran bahwa cross merupakan hape murahan, hape china yang gampang rusak, dan lain sebagainya, ya emang ada benarnya juga. Pada awal-awal kemunculan cross kan ya gitu lah. haha.. Tapi, semua itu sirna ketika saya memantapkan hati untuk membeli hape A88 ini, dikarenakan kebutuhan saya yang memang di dunia digital.

sebelum saya mereview hape ini, ada baiknya kita melihat spesifikasi lengkap crossx andromeda a88 ini.
Spesifikasi Cross Andromeda A88:
Dual SIM GSM, Jaringan: Quadband GSM/HSDPA/HSUPA 2100 MHz; 2G: GSM 900 / 1800 Mhz, 3G: WCDMA 900 / 2100 Mhz; Layar: 4.5 inci, FWVGA (450x854px) , 5 point multi-touch (HardGlass); OS: Android 4.2 Jelly Bean; Prosesor: Quad-core 1.2GHz, RAM: 512 MB; Memori internal: 4GB, Memori ekternal: microSD up to 32GB; Transfer data: HSDPA 3.2mb, HSUPA, EDGE, GPRS; Kamera utama: 8 megapiksel, LED flash, auto focus, video recorder; Kamera tambahan: 1,3 megapiksel (Video call); Sensor: 3D Gravity, proximity, Light Sensor; Messaging: SMS, MMS, Email, Push Mail, IM; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth, with A2DP, kabel data micro USB, audio jack 3.5mm; Browser: HTML; Fitur lain: Radio FM, GPS/A-GPS, Java, Google Maps, Skype, speakerphone, Geo-tagging, face detection; Baterai: Lihtium ion 2100 mAh 

Cross Andromeda A88 merupakan ponsel pintar terbaru yang hadir dengan dukungan spesifikasi serta fitur yang terbilang mumpuni. Dibagian antarmukanya,  Andromeda A88 hadir dalam balutan layar berdimensi 4,5 inchi dengan resolusi FWVGA plus dukungan kaca pelindung HardGlass ditambah kemampuan multitouch hingga 5 sentuhan. Andromeda A88 dibekali dengan prosesor quad-core 1.2GHz yang dipadukan dengan RAM sebesar 512MB. Cukup disayangkan memang, dimana para pesaingnya sudah membekali dengan perangkatnya dengan RAM 1GB seperti IMO S89 Miracle, New Smartfren Andromax U dan K-Touch S100 Titan.
Fasilitas lain yang tercatat hadir pada Cross Andromeda A88 antara lain memory internal sebesar 4GB plus tambahan slot kartu microSD yang bisa ditambahkan hingga 32GB, kamera 8MP dibagian belakang, kamera 1,3MP dibagian depan serta akses data 3G HSDPA. Selain itu ponsel dengan baterai berkapasitas 2000 mAh ini juga membenamkan koneksi WiFi, slot dual SIM serta beragam fitur lainnya.

Hadir dengan dukungan OS Android 4.2 Jelly Bean, Andromeda A88 bakal hadir dipasaran dalam balutan warna Hitam dan Putih

sumber : Tabloid PULSA

Oke, setelah mengetahui spesifikasi lengkap serta penjelasan singkat dari website PULSA, saya akan mulai mereviewnya.

1. Dual-SIM
well, inilah salah satu mengapa saya memilih smartphone, dengan dukungan dual-sim kita tak perlu repot-repot membawa 2 hape ataupun mengganti nomor perdana untuk digunakan internetan. hahaha biasalah anak kost kan kalo beli perdana internetan selalu yang baru karena murah.
Ya walaupun belum dual 3G, tpi lumayanlah daripada gak sama sekali.

2. Layar
layarnya menurut saya sangat jernih, enak dibuat scroll, udah hardglass (akan saya jelaskan tipe-tipe layar smartphone pada kesempatan mendatang), ya pokoknya 11-12 lah kalo sama merk-merk mahal. jujur, dalam pikiran saya pertama kali, waktu sebelum hape ini ketar-ketir soal layarnya, ya maklumlah kan hape china dan pada saat itu dipikiran saya hape china itu jelek. Alhamdulillah, ternyata ga mengecewakan lah.

3.Prosesor dan RAM
Dengan dukungan prosesor Quad-core 1.2GHz, hampir ga ada masalah waktu multitasking, main game-game ringan. Yang sangat disayangkan dari hape ini satu-satunya adalah kecilnya kapasitas RAM yang hanya 512Mb. Namun bila agan pingin main game-game HD juga bisa kok. dengan menggunakan CusRom dan juga berbagai cara layaknya tweak ROM, ram-expander, swapfile, dan lain sebagainya.

4. Kamera
haa, ini yang jadi pertimbangan saya selanjutnya ketika itu. Waktu itu sebelum beli juga khawatir dengan kualitas kameranya, maklumlah ya hape china. tapi setelah beli dan nyoba foto pake kamera hape ini, Alhamdulillah tidak seburuk yang dibayangkan, hasilnya jernih dan mantap. Namun, bila dipakai didalam ruangan atau luar ruangan dengan cahaya yang redup, kurang begitu mantap hasilnya. Apalagi kamera depannya, persis kayak kamera hape china jaman bahula hahahaha...
ga rugi deh pilih A88 ini, karena kameranya layak dan mantap untuk dipakai motret.

5. GPS
Cukup disayangkan, fasilitas GPS yang ada di hape ini kurang begitu mantap menurut saya, karena lamanya proses lock-positionnya, tapi tenang kalau masalah itu bisa diatasi memakai beberapa cara.

6. Baterai
Dengan kapasitas baterai sebesar 2000 MaH, bisa seharian nyala dengan catatan aplikasi yang saya gunakan hanya bbm, pesan, game ringan dan browsing bentar. Jadi, chas malam, pagi dicabut, pake sampe nipis kapasitas baterainya, baru deh malemnya di chas lagi.

oke, sekian dulu review yang bisa saya tulis dan sampaikan menurut opini dan pendapat saya sendiri.
Maaf baru belajar review, jadi belum paham betul bagaimana cara review yang baik dan benar. Mungkin ini hanya review secara garis besar untuk kawan-kawan yang masih bingung cari hape maupun galau karena hape.. haha

Tidak ada komentar :

Posting Komentar